noScript

Dok, Apa Kita Siap jika Ada Pandemi Selanjutnya? Peneliti Ungkap Bagaimana Virus Langya Memasuki Sel Manusia

Langya Virus

Dalam era pasca-COVID-19, pertanyaan mendasar yang muncul adalah, “Apakah kita benar-benar siap menghadapi pandemi berikutnya?” Sebuah penelitian terbaru dari University of Queensland mungkin memiliki beberapa jawaban. Tim ahli telah meneropong ke dalam dunia misterius virus Langya, patogen baru yang telah melintasi batas dari hewan ke manusia, memberikan wawasan mendalam tentang perilakunya dan potensi ancamannya. Saat kita menggali lebih dalam ke dalam laporan mereka, kita akan memahami bagaimana penelitian ini dapat membentuk landasan bagi kesiapan dan respons pandemi di masa mendatang.

Menguak Fakta mengenai Virus Langya si Penyusup Berbahaya

Dalam sebuah penelitian terbaru, para peneliti di University of Queensland telah membuat terobosan yang signifikan dalam mengungkap misteri virus Langya, patogen yang sangat menular yang baru-baru ini ditularkan dari hewan ke manusia. Dipimpin oleh Dr. Ariel Isaacs dan Dr. Yu Shang Low, tim peneliti telah berhasil mengungkap struktur protein fusi virus tersebut, menandai langkah penting dalam memahami perilakunya dan mengembangkan vaksin dan pengobatan potensial. Dengan potensi wabah yang meluas dan ancaman yang membayangi akan adanya lebih banyak peristiwa yang meluas, temuan mereka menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih siap.

Dok, bagaimana virus seperti Langya, Nipah, dan Hendra dapat berpindah dari hewan ke manusia?

Meningkatnya Ancaman secara Diam-diam

Pertama kali diidentifikasi kasusnya pada manusia di Cina Timur pada Agustus 2022, virus Langya telah muncul sebagai masalah kesehatan yang signifikan. Memiliki garis keturunan yang sama dengan virus Nipah dan virus Hendra yang terkenal kejam, virus ini menyebabkan gejala pernapasan yang parah dan demam tinggi, sehingga menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat. Dr. Isaacs menekankan pentingnya mempelajari virus-virus baru ini, karena kita berada di titik kritis di mana kejadian penularan dari hewan ke manusia cenderung meningkat. Dengan memahami cara kerja virus Langya, para peneliti berharap dapat meletakkan dasar untuk penanggulangan yang efektif.

Baca juga: Virus Marburg Mewabah di Dunia

Mengungkap Struktur Atom Virus Langya

Memanfaatkan kekuatan teknologi inovatif, tim peneliti menggunakan teknologi penjepit molekuler UQ untuk menstabilkan dan memeriksa protein fusi virus Langya. Melalui penggunaan mikroskop elektron kriogenik di Pusat Mikroskopi & Mikroanalisis UQ, mereka berhasil mengungkap struktur atom protein. Pencapaian penting ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana virus dapat masuk ke dalam sel manusia, menawarkan batu loncatan menuju pengembangan vaksin dan pengobatan untuk melawan Henipavirus.

Hebatnya, para peneliti menemukan bahwa struktur protein fusi virus Langya memiliki kemiripan yang mencolok dengan virus Hendra yang mematikan, yang berasal dari Queensland Tenggara pada tahun 1994. Associate Professor Daniel Watterson, seorang peneliti senior dalam proyek ini, memperingatkan tentang tingkat keparahan virus-virus ini dan potensinya untuk menjadi tidak terkendali jika tidak ditangani dengan baik. Berkaca dari ketidaksiapan yang disaksikan selama pandemi COVID-19, Dr. Watterson menekankan perlunya membekali diri kita dengan pengetahuan dan alat untuk mengatasi wabah di masa depan secara efektif.

Baca juga: Mudik Aman dan Nyaman: Tetap Waspada COVID-19!

Secercah Harapan: Vaksin dan Terapi di Cakrawala

Dengan temuan terobosan mereka, tim peneliti sekarang berfokus pada pengembangan vaksin dan pengobatan spektrum luas untuk Henipavirus, termasuk Langya, Nipah, dan Hendra. Kurangnya terapi khusus atau tindakan pencegahan saat ini menggarisbawahi urgensi pekerjaan mereka. Dengan menargetkan elemen dan kerentanan umum yang dimiliki bersama di antara virus-virus ini, para peneliti bertujuan untuk meletakkan dasar bagi tindakan penanggulangan yang efektif yang dapat mengurangi dampak wabah yang mungkin terjadi.

Panggilan untuk Ahli!

  • Mengingat kurangnya pengobatan atau vaksin untuk Henipavirus, bagaimana Anda menilai pentingnya penelitian yang dilakukan oleh Dr. Isaacs dan Dr. Low?
  • Ke depannya, langkah apa yang dapat kita ambil untuk memastikan kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi wabah virus di masa depan?

Baca lebih lengkap ulasan tentang Kesehatan Lingkungan: Isu Terbaru 2023.

Temukan pengetahuan lebih lanjut mengenai kesehatan dan diskusikan berbagai masalah medis bersama rekan sejawat se-Asia-Pasifik di Docquity Academy.

Referensi

  1. Isaacs, A., Low, Y.S., Macauslane, K.L. et al. Structure and antigenicity of divergent Henipavirus fusion glycoproteins. Nat Commun 14, 3577 (2023). https://doi.org/10.1038/s41467-023-39278-8.

Tentang Docquity

Docquity adalah platform aman dan terpercaya, yang menghubungkan 400.000 lebih nakes profesional di Asia secara real-time. Docquity membantu dokter belajar dan berkembang dengan menyediakan aplikasi seluler di mana dokter dapat berbagi wawasan, membahas kasus klinis, mengikuti webinar, mendapatkan kredit CME/CPD, dan lainnya!

Share it with
Email
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp

Similar Articles

Data Privacy Notice

This Privacy Notice shall be read in conjunction with the Privacy Policy to the extent this Notice does not mention or specify the particulars that should have been mentioned or specified relating to the Notice in pursuance of the provisions of the Data Protection Laws as applicable.

On having accessed or visited this Platform you the Noticee hereby voluntarily consent to and take notice of the fact that the personal data, by which or in relation whereto you the concerned Noticee is identifiable, shall be retained, stored, used, and may be processed by the Company for the purpose and in the manner, though legal, found suitable to it for commercial and/or some other reasons. The detailed specificity whereof may be found in the Privacy Policy. The consent provided herein may be withdrawn anytime by you, the Noticee, at its own volition by removing your profile or by writing to us at support@docquity.com.

As a Noticee, you shall have the right to grievance redressal, in relation to your consent or our use of your personal data, which you may address by writing to us at dpo@docquity.com. Should you, the Noticee, thereafter remain unsatisfied or dissatisfied with the resolution provided by us, you, the Noticee, may approach the concerned regulatory authority for the redressal of your grievance.

Thanks for exploring our medical content.

Create your free account or log in to continue reading.

Data Privacy Notice

By using this platform, you consent to our use of your personal data as detailed in our Privacy Policy, and acknowledge that we use cookies to improve your browsing experience